KELINK EMAS Menuju Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020


 2020-07-10 |  Sukomoro

Konsultasi Kesehatan Terlink dengan Internet Masyarakat atau lebih dikenal sebagai KELINK EMAS Puskesmas Sukomoro (Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Nganjuk) berhasil masuk Top 99 Inovasi Pelayanan Publik berdasarkan penilaian secara nasional oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB). Keberhasilan program inovasi dari replikasi Top 99 Inovasi periode KIPP tahun 2018 yang berjudul Eksistensi (Pelayanan Kesehatan Gratis terintegrasi) CALL CENTRE 112 Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Pare–Pare ini, tertuang dalam Pengumuman KemenPAN-RB Nomor: B/153/PP.00.05/2020 tanggal 18 Juni 2020 tentang Top 99 Inovasi Pelayanan Publik dan 15 Finalis Kelompok Khusus Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020. KELINK EMAS menjadi Top 99 Inovasi Pelayanan Publik setelah diseleksi bersama 33 proposal inovasi kelompok replikasi yang sebelumnya telah dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Dibandingkan dengan inovasi yang telah direplikasi, keunggulan KELINK EMAS yaitu meliputi semua disiplin ilmu kesehatan dan langsung terhubung dengan Whatsapp masing-masing petugas penanggung jawab. Inovasi KELINK EMAS terhubung dengan Whatsapp menjelaskan dan menjawab pertanyaan masyarakat mengenai Kebijakan Puskesmas, Administrasi dan Informasi, Kesehatan Umum, Kesehatan Gigi dan Mulut, KIA/KB, Asuhan Keperawatan, UGD dan Rawat Inap, Konsultasi Obat, Konsultasi Laboratorium, Konsultasi Gizi, Kesehatan Lansia dan Haji, Konsultasi Tbc, Konsultasi Imunisasi, Kesehatan Lingkungan, Konsultasi Jiwa dan Covid-19, Konsultasi HIV, dan Kesehatan Remaja.

Sebagai contohnya untuk mengetahui status gizi masyarakat dapat mengklik Pemantauan Gizi, disana akan ada kalkulator Gizi. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi atau saran masukan tentang pelayanan Puskesmas Sukomoro dengan mengklik kolom masukan dan harapan. Demikian juga untuk mendapatkan informasi tentang kegiatan ataupun artikel-artikel kesehatan cukup mengklik kolom Promo.

KELINK EMAS mempunyai sisi inovatif yaitu turut serta mensukseskan program pemerintah untuk menuju Puskesmas Promotif dan Preventif bukan hanya Kuratif dan rehabilitatif sebagaimana image masyarakat pada umumnya. Puskesmas Sukomoro berusaha memberi pemahaman kepada masyarakat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Inovasi ini sesuai dengan Nawa Cita ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Inovasi KELINK EMAS merupakan aplikasi konsultasi kesehatan yang terhubung dengan Internet sehingga bisa menjangkau seluruh lapisan Masyarakat Indonesia pada Umumnya dan Masyarakat Sukomoro pada khususnya. Untuk menggunakan inovasi ini masyarakat cukup mengakses KELINK EMAS pada gadget dengan alamat www.puskesmassukomoronganjuk.com. Masyarakat akan langsung terhubung dengan Puskesmas Sukomoro. Masing-masing masalah kesehatan akan terhubung dengan tenaga kesehatan sesuai bidang tugasnya. Banyak menu pilihan untuk berkonsultasi cukup mengklik “Chat Me” pada konselor kesehatan yang dituju, sehingga sangat mudah penggunaannya.

Melalui KELINK EMAS diharapkan permasalahan kesimpangsiuran informasi tentang kesehatan di masyarakat dapat ditekan, tentunya disaat pandemi Covid-19 ini KELINK EMAS sangat membantu untuk mengedukasi masyarakat tentang upaya-upaya yang harus dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan bagaimana cara supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu, isu – isu atau berita hoax tentang Covid-19 dapat ditangkal sehingga masyarakat tidak panik.
Selanjutnya pada hari Jum’at 10 Juli 2020 nanti Bupati Nganjuk akan melaksanakan salah satu kegiatan penilaian yaitu presentasi dan wawancara guna seleksi menuju Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020.

http://dinkes.nganjukkab.go.id/index.php?var=l7KztdOadHBt

 

#Repost @ Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk

Judul: KELINK EMAS Menuju Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020.

Link: https://www.facebook.com/dinas.kominfonganjuk.7/posts/278823080099844