BELAJAR DARI RUMAH


 2020-07-29 |  Sukomoro

#SahabatDispendik Program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di TVRI merupakan salah satu alternatif belajar yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tengah pandemi Covid-19. Program ini telah membantu banyak siswa yang memiliki keterbatasan pada akses internet sehingga tetap bisa mendapatkan stimuli untuk terus belajar di rumah masing-masing melalui media Televisi.

Apakah #SahabatDispendik tahu bagaimana caranya sebuah siaran televisi bisa sampai dan bisa disaksikan di televisi kalian di rumah? Mula-mula, antena pada televisi akan menangkap gelombang yang dipancarkan oleh stasiun televisi, misalnya TVRI. Sinyal yang ditangkap itu, kemudian dialirkan menuju kabel antena yang ada pada televisi. Nah, karena ada banyak stasiun televisi, maka diperlukan pemisah gelombang tiap stasiun atau channel. Sirkuit yang bekerja untuk memisahkan ini disebut tunner. 

Sinyal yang diterima oleh televisi akan diproses ulang dengan bantuan kamera televisi. Nantinya akan ada tiga warna utama, yaitu merah, hijau, dan biru, yang akan menuju tabung sinar katoda. Jika cahaya ditampilkan pada layar, gelombang suara diproses dan dikeluarkan pada alat yang disebut speaker. Dan akhirnya, kita bisa mendengar suara dan juga melihat gambar di televisi kita di rumah.

#SeninTekno
#SahabatEdukasi
#BelajarDariRumah
#RumahBelajar
#TelevisiEdukasi
#SuaraEdukasi
#MerdekaBelajar
#KemdikbudRI
#PusdatinKemendikbud
#UnggahUlang @pustekkom_kemdikbud

 

berita ini pernah tayang di Instagram @dispendiknganjuk

link : https://www.instagram.com/p/CDJpL9JnOUy/?igshid=1tze5l1wmpf82